Ensiklopedia Tokoh Islam

Ensiklopedia Tokoh Islam


Sebuah film dokumenter terbaik yang memaparkan para ilmuwan muslim yang paling terkenal dalam sejarah, mereka telah memberikan kontribusi besar dalam bidang ilmu kedoteran, kimia, fisika, astronomi geografi, eksplorasi maritim, sosiologi, botani, arsitektur, ilmu optic, penerbangan, dan mesin.

Film dokumenter ini akan menyoroti para ilmuwan Islam termasyur termasuk Ibnu Sina, Jabir Hayyan, Ibnu Haitham, Abdul Rahman As-Sufi Ulu Berg, Al-Idrissi, Shenghe, Ibnu Khaldun, Kosas Sinan, Al-Bakhtiar, Arsyad Al-Banjari, Muhammad Zain Al-Fatani, Ibnu Batuta, Ibnu Firnas, Ibnu Haitam, Al-Khazin, Mughal dan banyak lainnya. Film ini memberikan potret pribadi dari para ilmuwan Muslim dan menunjukkan kepada kita sisi lain dari kehidupan pribadi mereka ketika kita membaca buku sejarah.

Program ini akan membawa kita ke perjalanan yang menakjubkan ke Jerman, Italia, Turki, Syria, Lebanon, Iran, Arab Saudi, Uzbekistan, China, Indonesia, Thailand, Malaysia, Maroko, India, Spanyol, dan Mesir untuk menelusuri kembali pencapaian-pencapaian dari ilmuwan Muslim terbesar.

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 1



(Narasi Bahasa Indonesia)

Pada abad 8, Baghdad berkembang menjadi pusat pengetahuan dunia diikuti Cordoba di Eropa. Di Baghdad-lah pertama kali didirikan pusat pendidikan dunia. Tempat ini menjadi titik temu bagi para ilmuwan dari berbagai ilmu, bangsa, dan agama. Tempat ini dikenal dengan nama Baitul Hikmah yang didirikan oleh Khalifah Al-Mansyur. Selama ribuan tahun tempat ini telah melahirkan banyak ahlidalam berbagai ilmu pengetahuan. Dalam bidang kimia adalah Jabir Hayan (Iran) dan Ibnu Zakaria Al-Razi (Iran). Dalam bidang matematika ada Al-Quarishmi dari Uzbekistan, Abdul Wafa Al-Bushjani dan Umar Kayam dari Maroko.

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 2


(Narasi Bahasa Indonesia)


Inilah Abu Ali Al-Husain Ibnu Abdullah, yang lebih dikenal dengan Ibnu Sina, lahir pada bulan Agustus 980 di Absona Uzbekistan. Kecerdasannya melebihi usianya, pada usia 10 tahun dia sudah mampu menghafal Al-Quran, mahir matematika, logika, sains dan astronomi. Ketika berusia 15 tahun dia sudah memperoleh gelar master dalam bidang sains. Dan pada tahun berikutnya dia mulai membuka praktek pengobatan. Ia dikenal sebagai ahli pengobatan modern sampai sekarang. Kontribusinya terhadap ilmu pengobatan dan kedokteran diakui oleh dunia. Ia mengembara ke berbagai kota dan negara lain untuk menyebarkan ilmu dan pengetahuannya.

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 3


 (Narasi Bahasa Indonesia)

Ahli sejarah Inggris Arnold Toynbeeberpendapat bahwa Al-Muqadimah yang ditulis oleh Ibnu Khaldun merupakan maha karya yang tidak ada bandingannya dalam kebudayaan manusia. Ibnu Khaldun adalah ahli sejarah Arab yang terbesar dan mungkin ahli pemikir di abad pertengahan. Dia telah menyalakan sudut pandang baru ketika dia menyatakan “Perubahan sistem sosial manusia dipengaruhi oleh lingkungannya, termasuk pengaruh kemampuan berpikir, keadaan bumi, cuaca, jenis makanan, emosi dan jiwa manusia itu sendiri.” Ilmu menurut Ibnu Khaldun terbagi menjadi dua. Yaitu  ilmu-ilmu uang bisa ditemukan sendiri oleh manusia dengan kemampuan berpikirnya (aqli), sedangkan yang kedua berbeda dengan yang pertama karena tidak diperoleh dari kemampuan berpikir manusia, tetapi diperoleh dari orang yang merumuskannya.
Ibn Khaldun dengan nama panjang Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan secara luas dikenal sebagai pemikir, pelopor, sekaligus bapak sosiologi dan sejrah sains. Ibn Khaldun banyak belajar di Tunisia dan Maroko dan seringkali membuat kagum guru-gurunya.
            Pengajaran Ilmu pengetahuan merupakan keahlian, hal ini dikarenakan bahwa kecerdasan dalam sebuah ilmu pengetahuan, mempelajari, menekuni, dan menguasainya dengan baik dapat dicapai dengan adanya insting untuk mengetahui prinsip-prinsip dan kaidah-kaidahnya, mencermati berbagai macam permasalah, dan mengambil kesimpulan cabang-cabangnya yang berasal dari kaidah-kaidah pokoknya.

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 4


(Narasi Bahasa Indonesia)

Abu Abdullah Muhammad ibn Muhammad ibn Abdullah ibn Idris asy-Syarif adalah nama lengkap dari Al-Idrisi.Di kalangan Islam beliau dikenal dengan Asy-Syarif al-Idrisi al-Qurthubi,sementara oleh orang barat dikenal dengan nama Dreses.Beliau dilahirkan di kota Afrika Utara Ceuta (Sabtah) tahun 493 H./1100 M, tumbuh dan besar di Cetua dan menempuh pendidikan di Cordova,beliau meninggal dunia tahun 560 H./1166 M di Sisilia. Saat ini kita memperoleh informasi bumi dan tata surya dari satelit pemantau di luar angkasa. Namun, Syarif Al-Idrissi dari Maroko, telah menggambar bumi dan membuat peta bola dunia dengan posisi yang tepat pada abad ke 12. Pada abad 21, sebuah software komputer dinamai Idrissa. Ini merupakan sistem geografi yang digunakan di Amerika Serikat. Namanya dipilih karena kontribusinya yang besar dalam bidang geografi. Dalam bidang kimia, nama Jabir Hayan sangat populer pada tahun 721. Dia berhasil menciptakan metode penyulingan pertama di dunia. Metode ini disebut Faktir, yang menggunakan alat dari kaca yang dibuat dengan memakai pipa panjang. Sekarang dikenal dengan Alembic, berasal dari bahasa Arab: Al Ambik.

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 5


(Narasi Bahasa Indonesia)


Peradaban China telah ada sejak awal 1600 sebelum masehi. Negara luas ini sama dengan Amerika Serikat tetapi peradabannya telah ada jauh sebelum ditemukannya benua Amerika. Selama abad ke 20, China dikenal karena kebijakan tertutupnya. Tetapi kebijakan itu tidak menghentikan rakyatnya untuk berhubungan dengan dunia luar. Semua ini dimulai oleh pelaut besar China, Laksamana Cheng Ho. Pelaut pada Dinasti Ming abad 15 ini mempelopori hubungan dengan luar negeri. Kehebatan Cheng Ho bukan karena kegigihannya, tetapi juga karena armadanya yang tangguh. Walaupun mereka penganut Budha, Tao dan Penyembah Dewa, sebagian dari mereka adalah pelaut muslim, termasuk Cheng Ho sendiri.Cheng Ho adalah seorang kasim Muslim bersuku Hui yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao. Dia terlahir di Kunyang, kota yang berada disebelah barat daya Propinsi Yunan, pada tahun 1371.Keluarganya yang bernama Ma, adalah bagian dari warga minoritas Semur. Ketika Pasukan Ming menaklukkan Yunnan Cheng Ho ditangkap oleh tentara Ming di Yunnan.Yunan adalah salah satu wilayah terakhir pertahanan bangsa Mongol, yang sudah ada jauh sebelum masa dinasti Ming. Pada saat pasukan Ming menguasai Yunan tahun 1382, Zheng He turut ditawan dan dibawa ke Nanjing. Ketika itu dia masih berusia 11 tahun.Zheng He pun dijadikan sebagai pelayan putra mahkota yang nantinya menjadi kaisar bernama Yong Le. Nah kaisar inilah yang memberi nama Zheng He hingga akhirnya dia menjadi salah satu panglima laut paling termashyur di dunia. Pangeran dari Yen, Chung Ti, tertarik melihat Cheng Ho kecil yang pintar, tampan, dan taat beribadah. Kemudian ia dijadikan anak asuh. Cheng Ho tumbuh menjadi pemuda pemberani dan brilian. Di kemudian hari ia memegang posisi penting sebagai Admiral Utama dalam angkatan perang.Pada saat kaisar Cheung Tsu berkuasa, Cheng Ho diangkat menjadi admiral utama armada laut untuk memimpin ekspedisi pertama ke laut selatan pada tahun 1405

===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 6

(Narasi Bahasa Indonesia)


1,3 milyar penduduk muslim sekarang, seperti tidak ada perhatian terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka dingin seperti salju yang menutupi permukaan bumi. Ironis sekali, kemana perginya semangat yang diberikan para ilmuwan besar dari abad pertengahan yang menjadi dasar bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di Barat sekarang? Ibnu Sina telah meletakkan dasar guna pengembangan ilmu anatomi manusia, ilmu bedah dan farmakologi. Demikian juga dengan Al Khawarismi dalam ilmu matematika. Al-Jazari dalam ilmu teknik mesin, Mimar Sinan dalam ilmu arsitektur, Ibnu Baytar dalam botani, Jabir Hayan dalam ilmu kimia, Ibnu Khaldun dalam ilmu sosiologi dan ilmuwan-ilmuwan besar muslim lainnya.



===============
Ensiklopedia Tokoh Islam 7


(Narasi Bahasa Indonesia)


Mimar Sinan sangat menguasaiarsitektur Renaisance. Bagian barat Arab berubah dengan bangunan kubahnya. Dia membuat teknik dengan memasukkan cahaya matahari. Dan dia menciptakan sistem akustik di dalam gedung tanpa menggunakan loudspeaker. Keberhasilannya adalah simbol dari keagungan Yang Maha Besar. Mimar Sinan, arsitek dari Turki ini telah membangun ratusan kubah untuk masjid di seluruh Turki, gaya arsitektur ini telah diikuti oleh banyak masjid sekarang. Kubah yang dipengaruhi oleh gaya Romawi dan Byzantium ini kemudian mempengaruhi arsitektur era Renaisance.




Riwayat Hidup Imam Bukhari



Film yang berjudul "Riwayat Hidup IMAM BUKHARI" salah satu film yang turut memperkaya sejarah kebudayaan islam. Sedikit cerita tentang film yang di produksi oleh "INSON" film studio, Uzbekistan ini ;Imam Bukhari lahir di Bukhara, uzbekistan dengan nama Abu Abdullah Muhammad bin Ismail Al Bukhari, pada hari jum`at tanggal 13 Syawal 194 H ( 21 Juli 810 M ). Beliau menjadi yatim sejak kecil, terilham/menghafal hadists ketika berumur 10 tahun dan mempunyai daya ingat yang luar biasa. Walau mendapat julukan Amirul Mukminin fil hadists, beliau juga menguasai ilmu tafsir, fikih, dan tarikh dengan baik. Kitab "Shahih Bukhari" berisikan 7275 hadists shahih yang ditulis selama 16 tahun setelah menyusuri 7 negara, 80.000 perawi dan mengumpulkan 200.000 hadists yang dihafalnya. Walau diterpa badai fitnah dan terusir dari tanah kelahirannya, beliau tetap tidak mau menghinakan ilmu dengan tunduk pada kehendak penguasa. Imam Bukhari wafat di Khartang dekat samarkhand pada tanggal 31Agustus 870 M ( 256 H ) pada malam idul fitri dalam usia 62 tahun kurang 13 hari.Sebuah film yang menggetarkan hati , tentang realisasi cinta seorang hamba pada Allah dan Rasul-Nya








Koleksi diatas IDR 25.000